Saturday 28 November 2009

Kupanggil dia Socrates.....


Ada pertemuan pasti ada perpisahan itulah alam menggambarkannya, ada yang datang ada pula yang pulang !!!..sebuah cerita yang terukir rapi di bawah alam sadar.
Seorang pemuda dari tanah makassar sebut saja namanya Awal muqsith. sengaja saya menulis tentangnya, bukan maksud untuk memperkenalkannya pada kalian yang tidak berkenan, tapi paling tidak bisa menjadi alasan tersendiri saya mengingatnya sebagai sahabat !!!

Tepatnya hari dimana semua muslim di dunia merayakan kemenangan dan salam²an berucap maaf, saat itu juga dia pulang ke negri tercinta “INDONESIA” tak banyak teman yang menyalaminya waktu itu, secara pulangnya tepat seusai shalat ID dan memang mendadak. Saya tak ingin bertanya alasan dia knapa ??? yang jelas itu suatu kewajaran seseorang yang ingin pulang di hari lebaran untuk bertemu dengan keluarga²nya , sebenarnya dia ingin pulang tepat sehari sebelum lebaran agar dia sempat sujud di tanah kelahirannya, namun semua di luar kuasa. Dia tak mendapat SIT kosong hari itu akhirnya di putuskan tepat di hari lebaran.

Dia orangnya ceria, berani, jadi wajar kalau dia cepat akrab pada seseorang yang baru saja dia kenal, tak jarang kami berdiskusi denganya dijam² istirahat secara juga dia orangnya kritis,rajin membaca apalagi kitab² yang sesuai jurusannya Filsafat, orangnya juga rajin beli kitab..*jadi iri Hiks

Awal Muqaith ansar yang saya panggil SOCRATES mengambil jurusan Filsafat di Univ,-Al-azhar Zaqaziq namun kebanyakan waktunya di mesir dia habisnya di kota kairo tepatnya Imarah 3. Salah satu Flat tertua di bawwabah, kamarnya 2 buah dengan 1 buah kamar buatan sendiri. Flat yg di tiap dindingnya tlah tampak kupas²an cat akibat cuaca panas, dingin dan hembusan angin, Flat itu juga memiliki banyak koper² tua yg penjualannya sudah hilang dari edaran, menandakan berapa banyak senior² terdahulu yang tinggal di tempat ini. Kitab² tua mereka yg ketinggalan berserakan tak terurus akhirnya kadang di bekia ..(Bekia : penjualan barang bekas ) kidding :D.Itulah sekilas tentang imarah 3 tempatku dan dia tinggal membuang hajat :D

Lanjut cerita hmm..hari² sebelum kepulangannya Alhamdulillah dia sempat pergi Umrah sebagai bentuk kecintaannya kepada sang Khaliq, beribadah walau harus pergi seorang diri ke mekkah, bermodalkan bahasa dan keberanian akhirnya nekat juga dia ..!!! kalau tidak salah ingat hanya 3-4 hari dia d sana 3 hari pulang pergi ditempuh dengan kapal laut. Cuman dia sendiri warga Indonesia waktu itu yg lainnya kebanyakan warga mesir. sesampainya di sana bukannya enak² istirahat krena telah menempuh perjalanan panjang eh malah dia ditangkap Oleh aparat keamanan dengan alasan tidak memiliki tempat penginapan,

entah bagaimana pengurusannya saya juga tidak tahu dengan jelas. Yang pasti katanya dia di tangkap. Ada banyak warga indo juga di sana yg di tangkap bahkan kata dia ada seseorang warga indo yang di denda sampai 24 juta (hah?) (klo tidak salah dengar),di dalam sel, sempat ia terdiam memikirkan kenapa ini bisa terjadi ???.. akhirnya dengan bermodalkan bahasa dan keberanian dia berusaha bicara dengan salah satu aparat di hari itu sebagai bentuk pembelaan terhadapnya. Dan Alhamdulillah dia di bebaskan karena memiliki alasan yang kuat.

Pulangnya ke mesir sehabis melaksanakan ibadah umrah juga mendadak, secara rencananya dia ingin berangkat start dari Saudi ke indon tapi krena sulit, terpaksa dia kembali ke mesir dulu. Huuufft lelah betul perjalanannya !! semua serba mendadak namun membuahkan pengalaman Insyaallah…masih banyak yang ingin kuceritakan tentangnya namun mataku tak mendukung hehe dan yang di atas ini hanya sekilas cerita hari² sebelum kepulangannya.

Yang hanya bisa kulakukan hanya berdo’a semoga kita semua di beri umur panjang amin agar bisa bertemu di kala rambut kita kian memutih :)
Ingin rasanya melihat gambaran masa depan bagaimana !! apakah sama dengan hari ini ?? apakah perubahannya hanya bergeser sedikit ?? apakah berubah total 100%?? entah bagaimana ..Garis tanganpun kadang menipu :P

No comments: